PBKK: QUIZ

Nama    : Shazia Ingeyla Naveeda
NRP      : 5025211203
Kelas    : PBKK (B)

QUIZ 1

Pertanyaan:

  1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak
  2. Dalam pembuatan aplikasi, pertimbangan apa saja ketika memilih metode implementasi Winform, WPF , ataupun UWP. Jelaskan perbedaan masing-masing.
  3. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah screenshot aplikasi yang pernah dibuat, beserta deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winfor, WPF dan UWP
  4. Apa yang dimaksud dengan aplikasi Rich UI. Buatlah aplikasi Rich UI yang berguna dalam kehidupan sehari hari, misal Animasi Clock, aplikasi cuaca, pemantauan kesehatan. Buat design UI nya..
  5. Implementasikan soal no 4, kemudian buat video tutorial pengerjaannya, upload di Youtube, dan embedded di blog dokumentasi.
Jawaban:
1. Elemen utama struktur framework 
  • Library dan API: Framework seringkali menyediakan sejumlah besar pustaka (libraries) dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang telah dibangun sebelumnya. Ini memungkinkan pengembang untuk mengakses berbagai fungsi dan fitur yang umum digunakan tanpa perlu menulis kode dari awal. Misalnya, dalam pengembangan web, sebuah framework dapat menyediakan pustaka untuk manajemen basis data, manajemen sesi, dan keamanan.
  • Struktur Organisasi: Framework seringkali mendefinisikan struktur organisasi berkas dan direktori, sehingga pengembang memiliki panduan jelas tentang di mana harus meletakkan kode mereka. Hal ini membantu dalam mengorganisasi proyek, memudahkan pengelolaan kode, dan meningkatkan kerja sama dalam tim pengembangan.
  • Konsep Desain: Framework seringkali mempromosikan penggunaan pola desain yang telah terbukti, seperti Model-View-Controller (MVC) dalam pengembangan web. Ini membantu dalam memisahkan logika bisnis dari tampilan dan memungkinkan perawatan kode yang lebih mudah.
  • Fungsionalitas Umum: Framework seringkali menyediakan fungsionalitas umum, seperti manajemen pengguna, otentikasi, otorisasi, penanganan kesalahan, dan validasi data. Pengembang dapat menggunakan komponen ini dan menghemat waktu dalam mengembangkan fitur-fitur inti aplikasi mereka.
  • Skalabilitas: Framework biasanya dirancang untuk mendukung skalabilitas, yang memungkinkan aplikasi untuk tumbuh seiring waktu tanpa perlu mengganti seluruh kode atau arsitektur aplikasi.
Kegunaan framework dalam pengembangan perangkat lunak antara lain:
  • Peningkatan Produktivitas: Dengan menggunakan framework, pengembang dapat menghemat waktu dan upaya yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi. Mereka dapat fokus pada menyelesaikan tugas yang spesifik untuk proyek mereka tanpa perlu membangun ulang fungsi-fungsi umum.
  • Kualitas dan Konsistensi: Framework membantu dalam menerapkan standar terbaik dan pola desain yang telah terbukti, yang dapat meningkatkan kualitas dan konsistensi kode.
  • Keamanan: Framework seringkali dilengkapi dengan alat keamanan bawaan, seperti perlindungan terhadap serangan XSS (Cross-Site Scripting) dan SQL injection, yang dapat membantu melindungi aplikasi dari ancaman keamanan.
  • Kemudahan Pemeliharaan: Dengan mengikuti struktur dan konvensi yang diberikan oleh framework, pemeliharaan kode menjadi lebih mudah. Pengembang baru juga dapat dengan cepat memahami dan berkontribusi dalam proyek yang menggunakan framework yang dikenal.
  • Komunitas dan Dukungan: Banyak framework memiliki komunitas yang kuat dan dukungan yang luas, yang dapat membantu pengembang memecahkan masalah dan memperluas pengetahuan mereka.
2. Yang perlu dipertimbangkan dalam memilih metode implementasi ketika membuat suatu aplikasi adalah jenis aplikasi yang akan kita buat, bagaimana kebutuhan UI/UX dan tujuan dari proyek aplikasi itu sendiri. Berikut adalah beberapa pertimbangan penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih metode implementasi:
  • Jenis Aplikasi:
    • WinForms: Aplikasi desktop konvensional yang memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan tidak memerlukan tampilan yang sangat kaya. Ini lebih cocok untuk aplikasi bisnis internal atau alat-alat administrasi.
    • WPF: Aplikasi yang memerlukan antarmuka pengguna yang kaya, interaktif, dan memiliki elemen UI yang kompleks. Ini sering digunakan untuk aplikasi bisnis yang memerlukan tampilan yang lebih menarik atau aplikasi yang memerlukan fitur-fitur multimedia.
    • UWP: Aplikasi Windows yang berjalan pada berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan perangkat mobile. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin mengembangkan aplikasi yang akan berjalan di berbagai perangkat Windows dengan antarmuka yang responsif.
  • User Interface Design:
    • WinForms: WinForms memiliki kemampuan desain UI yang lebih terbatas dibandingkan WPF dan UWP. Antarmuka pengguna WinForms lebih sederhana dan kurang fleksibel dalam hal desain grafis yang canggih.
    • WPF: WPF memberikan kontrol yang jauh lebih besar dalam desain UI. Anda dapat membuat tampilan yang lebih menarik, dengan dukungan untuk grafis vektor, animasi, tata letak yang fleksibel, dan tampilan yang lebih dinamis.
    • UWP: UWP juga menyediakan desain UI yang kaya dan responsif. Ini memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi dengan antarmuka yang mudah beradaptasi dengan berbagai ukuran layar dan mode pengguna.
  • Kinerja dan Efisiensi:
    • WinForms: WinForms sering dianggap lebih efisien dan lebih cepat dalam hal kinerja dibandingkan WPF atau UWP, terutama untuk aplikasi yang sederhana.
    • WPF: WPF mungkin sedikit lebih lambat dalam hal kinerja daripada WinForms karena tampilan yang lebih kompleks, tetapi kinerjanya biasanya cukup untuk sebagian besar aplikasi.
    • UWP: UWP berfokus pada efisiensi sumber daya dan memiliki arsitektur yang lebih modern. Ini adalah pilihan yang baik untuk aplikasi yang harus berjalan pada berbagai perangkat dengan sumber daya terbatas.
  • Platform dan Target Audience:
    • WinForms: WinForms adalah platform yang mapan dan lebih cocok untuk aplikasi desktop Windows tradisional yang ditujukan untuk pengguna perusahaan atau bisnis.
    • WPF: WPF adalah pilihan yang baik jika Anda ingin mengembangkan aplikasi dengan tampilan yang menarik dan fitur canggih. Ini sering digunakan untuk aplikasi konsumen atau aplikasi bisnis yang lebih kreatif.
    • UWP: UWP adalah platform universal yang cocok untuk aplikasi yang akan dijalankan di berbagai perangkat Windows, termasuk desktop, tablet, dan perangkat mobile.
    3. Berikut screenshot aplikasi, deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winfor, WPF dan UWP
      • Windows Forms 
        Link Blogspot: Winform CalculatorApp
        Dimana Aplikais tersebut merupakan aplikasi untuk operasi matemayika sederhana seperti perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan yang menggunakan bahasa pemrogramaan C# serta menggunakan .NET Framework.










      • Windows Presentation Foundation
        Link Blogspot : WPF 
        Aplikasi sederhana yang memiliki fungsi untuk menyimpan nama (string) dan menampilkan string tersebut. Program ini dibuat dengan bahasa pemrograman C# , WPF, dan .NET Framework. 














      • Universal Windows Platform
        Link Blogspot: UWP PhotolabApp
        Aplikasi ini merupakan dashboard sederhana menggunakan bahasa pemrograman C# berbasis UWP. Aplikasi yang dibuat adalah aplikasi bawaan contoh yang diberikan dengan pengembangan khusus. Dengan menggunakan UWP, aplikasi yang dibuat dapat menerapkan berbagai fitur canggih dan tentunya mampu untuk digunakan dengan baik di segala platform melalui fitur tampilan responsifnya yang memungkinkan platform berbeda memberikan user experience yang setara untuk sebuah aplikasi yang sama. 
    4. Aplikasi Rich UI adalah aplikasi yang memiliki antarmuka pengguna yang sangat interaktif, menarik secara visual, dan kaya dengan fitur. Antarmuka ini sering melibatkan elemen-elemen seperti animasi, grafis berkualitas tinggi, efek transisi yang halus, dan tampilan yang dinamis. Aplikasi Rich UI dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih menarik dan memikat.


    5. UI Design yang dibuat terinspirasi dari gambar yang ada pada nomor 4. Smart homer merupakan aplikasi dengan user interface yang sangat interaktif. Berikut penjelasan video untuk pengimplementasian dari design tersebut















    Comments

    Popular posts from this blog

    PBKK: FINAL PROJECT

    PBKK: TUGAS 3.1